0421-3911784
info.smkn2pinrang@gmail.com
Jl. Kesehatan No. ..., Kab. Pinrang
Sosial Media :

BERITA & INFORMASI

UPT SMKN 2 Pinrang

KUNJUNGAN KE SARI ROTI DAN TRANS MART UNTUK MEMPELKENALKAN PESERTA DIDIK TENTANG P5 TEMA KEBEKERJAAN

12 Jun 2024    Humas    Artikel SMKN2Pinrang

Pinrang, 12 Juni 2024 - SMKN 2 Pinrang, baru-baru ini mengadakan kunjungan industri ke dua perusahaan besar di Makassar, yaitu Sari Roti dan Trans Mart. (11/6/2024), Kunjungan ini merupakan bagian dari program P5 (Pendidikan Karakter) sekolah, yang bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar langsung bagi para siswa tentang penerapan 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin) dan K3 (Keamanan, Kesehatan, dan Kelestarian) di dunia kerja.

Kunjungan ini didampingi oleh koordinator P5, fasilitator P5, dan para wali kelas. Para siswa disambut dengan hangat oleh manajemen kedua perusahaan dan diberi kesempatan untuk berkeliling di pabrik dan toko. Mereka dapat melihat langsung bagaimana 5R dan K3 diterapkan dalam proses produksi dan penjualan produk.

Di Sari Roti, para siswa melihat bagaimana roti dibuat dari awal hingga akhir. Mereka juga belajar tentang pentingnya menjaga kebersihan dan keamanan di pabrik makanan. Pada tempat yang lain yaitu Di Trans Mart, para siswa melihat bagaimana produk dipajang dan dijual dengan rapi dan teratur. Mereka juga belajar tentang pentingnya menjaga kesehatan dan keselamatan kerja di lingkungan toko.

Para siswa sangat antusias dengan kunjungan ini dan banyak bertanya kepada para karyawan tentang pekerjaan mereka. Mereka juga terkesan dengan penerapan 5R dan K3 di kedua perusahaan tersebut.

"Kunjungan ini sangat bermanfaat bagi para siswa," ujar ketua koordinator P5 SMKN 2 Pinrang Ernawati, S.Pd. "Mereka dapat melihat langsung bagaimana 5R dan K3 diterapkan di dunia kerja. Hal ini akan membantu mereka untuk mengembangkan karakter dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi pekerja yang sukses."

Fasilitator P5 Hj. I Tanni, S.Pd. M.Pd. juga menambahkan bahwa kunjungan ini adalah salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kesadaran para siswa tentang pentingnya 5R dan K3. Husni Husain, SP.,M.Si. sebagai ketua Prodi APHP menembahkan "Dengan melihat langsung bagaimana 5R dan K3 diterapkan di dunia kerja, para siswa diharapkan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari mereka," ujarnya.

Para wali kelas juga menyambut baik kunjungan ini. "Kunjungan ini memberikan pengalaman belajar yang berharga bagi para siswa," ujar salah satu wali kelas Sarah, S.Pd. "Mereka dapat belajar tentang pentingnya kerja keras, disiplin, dan tanggung jawab."

Kunjungan SMKN 2 Pinrang ke Sari Roti dan Trans Mart merupakan contoh yang baik dari penerapan program P5 di sekolah. Kunjungan ini diharapkan dapat membantu para siswa untuk mengembangkan karakter dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi pekerja yang sukses di masa depan.

Kunjungan SMKN 2 Pinrang ke Sari Roti dan Trans Mart merupakan pengalaman belajar yang berharga bagi para siswa. Kunjungan ini memberikan kesempatan bagi para siswa untuk melihat langsung bagaimana 5R dan K3 diterapkan di dunia kerja. Hal ini diharapkan dapat membantu para siswa untuk mengembangkan karakter dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi pekerja yang sukses.

Diharapkan program P5 di SMKN 2 Pinrang dapat terus ditingkatkan dan dikembangkan. Sekolah dapat memperluas program ini dengan mengadakan kunjungan industri ke perusahaan lain di berbagai sektor industri. Sekolah juga dapat mengundang para ahli untuk memberikan ceramah tentang 5R dan K3 kepada para siswa.

Penulis : Takbir

Bagikan :
Komentar Berita :