0421-3911784
info.smkn2pinrang@gmail.com
Jl. Kesehatan No. ..., Kab. Pinrang
Sosial Media :

BERITA & INFORMASI

UPT SMKN 2 Pinrang

SANGGAR SENI BUDAYA SMKN 2 PINRANG GELAR SENI DI TVRI SULAWESI SELATAN

30 Jul 2024    Humas    Artikel SMKN2Pinrang

Gelar Seni yang dilaksanakan di Studio 2 TVRI Sulawesi Selatan pada hari Rabu, 24 Juli 2024, menghadirkan 10 Penari dan 4 Siswa Pengiring Musik Sanggar Seni Budaya SMKN 2 Pinrang.

Kreasi tari yang digelar dan sangat mengagumkan ini, menghadirkan pencipta sekaligus sebagai nara sumber yaitu ibu Andi Balele, S.Pd., M.Pd. dan merupakan guru seni di SMKN 2 Pinrang. Salah satu tari yang diciptakan adalah tari Pattapi.

"Tari Pattapi salah satu tari yang saya ciptakan, tari ini mengandung nilai-nilai budaya adat bugis yang ada di Kab.Pinrang  dan saya sangat bangga menjadi guru seni di SMKN 2 Pinrang karena kegiatan seni sangat didukung oleh Kepala Sekolah yaitu bapak Abdul Kadir, S.Pd., M.Pd.", ujar Andi Balele.

Rahmat Alvian selaku pembawa acara dari TVRI, juga menanyakan pandangan dari pengamat seni terkait tari Pattapi.

Abdi Bashit merupakan pengamat seni dari sulawesi selatan yang juga turut hadir. "Saya melihat tari Pattapi ini memberi kesan edukasi pentingnya etos kerja, tadi dibagian tari ada gerak hingga menggigit pattapi ini memberikan makna bahwa ketika bekerja jangan banyak bicara", terang Abdi Bashit.

Di akhir sesi, pembawa acara meminta kepada Nara sumber untuk memberi motivasi kepada para pemirsa khususnya yang berkecimpung di bidang seni tari.

Andi Balele mengungkapkan bahwa "Jangan pernah berhenti untuk mencipta, jangan malu untuk bertanya dan tetap kembangkan ide-ide kreatif".

Kepala SMKN 2 Pinrang, Abdul Kadir, S.Pd., M.Pd., serta beberapa guru pendamping  yang hadir menyaksikan tarian dari Sanggar Seni Budaya SMKN 2 Pinrang menyatakan decak kagum.

"Ada rasa bangga dan haru melihat anak-anak kami bisa on air di TVRI Sulawesi Selatan dan ini pertama kali Sanggar Seni Budaya SMKN 2 Pinrang tampil di TVRI, saya menghaturkan terima kasih yang mendalam kepada Pembina Sanggar Seni Budaya, Ibu Andi Balele beserta bapak/ibu guru SMKN 2 Pinrang atas dukungan dan kolaborasinya, semoga nama SMKN 2 Pinrang ke depan tidak hanya on air di TVRI juga di Tv Swasta terbaik", jelas Abdul Kadir.

Seni tari merupakan cermin budaya di suatu daerah. Tari tercipta melalui ide yang kritis dengan menautkan tema dan diekspresikan melalui gerak.

#NR

Bagikan :
Komentar Berita :